Logo Bloomberg Technoz

IHSG Kembali ke 7.000 usai Menguat 0,76%, Saat Ekonomi AS Lambat

Muhammad Julian Fadli
28 June 2024 09:24

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (28/6/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.08, indeks mencatat kenaikan 52,91 poin atau setara dengan 0,76% ke level 7.020.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 865 juta saham dengan nilai transaksi Rp1,53 triliun. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 55.498 kali.

Sebanyak 220 saham menguat, dan 112 saham melemah. Sementara, 195 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Jelang rilis data penting inflasi (Personal Consumption Expenditure/PCE) dan inflasi inti Amerika Serikat yang terbit di malam nanti, didahului oleh terbitnya data ekonomi AS yang kurang baik memperkuat spekulasi bahwa The Fed akan memangkas suku bunga tahun ini untuk mencegah perlambatan ekonomi yang lebih dalam.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, data ekonomi AS yang luas menggambarkan perlambatan pertumbuhan AS di sepanjang paruh pertama tahun ini. Data ini terkait dengan kebijakan suku bunga acuan yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama (Higher for Longer) dari Federal Reserve dan sengatan inflasi yang berkepanjangan.