Logo Bloomberg Technoz

Angka inflasi dipengaruhi oleh dua arah oleh inisiatif kebijakan. Langkah pemerintah untuk menghapus subsidi utilitas dan memperkenalkan pungutan energi terbarukan telah menekan harga. Sementara program dukungan pendidikan yang tersedia di ibu kota juga ikut memengaruhi.

Indeks yang tidak termasuk energi selain makanan segar meningkat menjadi 1,8%, berbalik arah setelah sembilan bulan berturut-turut mengalami perlambatan.

Secara keseluruhan, dengan indikator utama yang kembali di atas target 2% BOJ dan tanda-tanda kesehatan baru di sektor manufaktur, data Jumat kemungkinan akan membuat BOJ tetap berada di jalur normalisasi kebijakan moneter.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics...

"Laporan CPI Juni Tokyo yang panas bukanlah rilis data terakhir sebelum pertemuan Bank of Japan di Juli, namun ini memberikan bukti kuat bahwa BOJ dapat melanjutkan kenaikan suku bunga--kasus dasar kami."

- oleh Taro Kimura

Pada pertemuan kebijakan bulan ini, BOJ mempertahankan suku bunga tanpa perubahan dan mengisyaratkan niatnya untuk mengurangi pembelian obligasi. Beberapa pihak di pasar mempertanyakan apakah bank tersebut dapat mengungkap dua inisiatif kebijakan yang signifikan pada pertemuan yang sama.

Gubernur Kazuo Ueda tetap membuka opsi-opsinya. Ia mengatakan minggu lalu di parlemen bahwa ada kemungkinan suku bunga dapat dinaikkan bulan depan jika data mendukung untuk melakukan hal tersebut.

Menurut survei Bloomberg di awal minggu ini, satu dari tiga pengamat BOJ memperkirakan kenaikan suku bunga di Juli.

Harga gas alam berbalik naik 3,8% dari penurunan 3,9% di bulan sebelumnya, memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan harga secara keseluruhan.

Harga listrik naik 10,8% dari tahun sebelumnya, lebih lambat dibandingkan Mei bahkan setelah pemerintah mulai menghapus subsidi listrik secara bertahap. Subsidi akan dihentikan sepenuhnya pada akhir bulan.

Pemerintah juga menaikkan biaya tambahan energi terbarukan sekitar 2,5 kali lipat menjadi ¥3,49 per kilowatt-jam mulai Mei.

Harga energi akan terus menyuntikkan ketidakpastian ke dalam perkembangan harga. Perdana Menteri Fumio Kishida baru-baru ini mengumumkan pemulihan subsidi utilitas dari Agustus hingga Oktober dalam upaya nyata untuk menghidupkan kembali popularitas kabinetnya yang merosot.

(bbn)

No more pages