Logo Bloomberg Technoz

Budi juga pamer, pertahanan siber Indonesia menurut studi MIT berada pada peringkat ke-20 di dunia. Menurut dia, Indonesia bersama sejumlah negara seperti Meksiko, India, Brasil, dan Turki memang tengah berjuang meningkatkan pertahanan siber menjadi lebih baik.

Menurut dia, Kominfo juga telah mendeteksi modus serangan pada PDN sementara 2 Surabaya. 

Bagaimana pemetaan gangguan PDNS 2 di Surabaya. ekosistem PDNS ada tiga, PDNS 1 di Serpong, PDNS 2 di Surabaya dan Cold site di Batam. pdns pertama milik lintas Arta. PDNS 2 dan yang di Batam itu milik Telkom. 

Ransomware adalah jenis perangkat lunak rusak yang mencegah pengguna mengakses sistem baik dengan mengunci layar sistem maupun mengunci file pengguna hingga uang tebusan dibayarkan. betul bahwa para peretas ini meminta tebusan 8 juta US Dollar

Ransomware Brain Cipher awalnya berupaya menonaktifkan fitur keamanan windows defender sekitar pukul 23:15 WIB, pada 17 Juni 2024. Usai menembus, aktivitas malicious berbahaya mulai beroperasi pukul 00.54 WIB pada 20 Juni 2024.

"[Terjadi kegiatan] instalasi file malicious penghapusan file sistem penting dan penonaktifan layanan berjalan," kata Budi. "Diketahui Windows defender mengalami crash dan tidak bisa beroperasi." 

(fik/frg)

No more pages