Logo Bloomberg Technoz

Freeport Klaim Punya Pembeli 100 Ribu Katoda Tembaga Smelternya

Dovana Hasiana
27 June 2024 20:40

Peleburan tembaga
Peleburan tembaga

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan sudah ada pembeli atau offtaker yang bakal menyerap 100 ribu katoda tembaga per tahun dari pabrik pemurnian atau smelter terbarunya  di Manyar, Jawa Timur. Smelter penghasil katoda tembaga Freeport ini resmi mulai beroperasi, Kamis (27/6/2024). 

Meski demikian, Tony tidak menjelaskan secara gamblang identitas pembeli tersebut. Dia hanya mengatakan, pembeli berada dekat atau merupakan tetangga dari smelter manyar. 

“Kalau mengenai offtaker, offtaker katoda tembaga kita, ini tetangga kita sudah mulai minta 100 ribu ton per tahun kira-kira,” ujar Tony dalam agenda peresmian smelter manyar yang disiarkan secara virtual, Kamis (27/6/2024). 

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, tetangga smelter yang dimaksud adalah PT Hailiang Nova Material Indonesia yang memiliki pabrik foil tembaga di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur. 

Pabrik Foil tembaga PT Hailiang diklaim menjadi terbesar di Asia Tenggara. Pabrik tersebut digunakan sebagai pengumpul (kolektor) arus listrik di kutub negatif (anoda) baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Pabrik ini memproduksi foil tembaga electrodeposit untuk kendaraan listrik bertenaga baterai lithium.