Logo Bloomberg Technoz

Proyek Smelter Bauksit Terbengkalai, Bahlil-Arifin Bentuk Satgas

Dovana Hasiana
27 June 2024 18:40

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bakal membentuk satuan tugas atau satgas khusus untuk tata kelola investasi penghiliran atau hilirisasi dari bauksit di Indonesia. Pembentukan satgas ini sudah didiskusikan bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Menurutnya, satgas perlu terbentuk karena investasi hilirisasi bauksit menjadi komoditas yang membutuhkan perhatian serius. Terlebih, beberapa proyek smelter bauksit juga masih terbengkalai meski pemerintah sudah mengucurkan ragam insentif untuk perusahaan yang membangun smelter bauksit di Indonesia berupa izin untuk ekspor bauksit dan pemberian tax holiday

“Tadi saya ditanya kiat-kiat investasi untuk hilirisasi, kalau tembaga jalan semua, nikel rata-rata semua jalan. Kalau yang agak butuh perhatian serius itu adalah bauksit. Bauksit kemarin saya sudah diskusi sama Pak Arifin, kami akan membuat satu tim, task force, untuk kami mengecek,” ujar Bahlil dalam agenda Peresmian Operasi Smelter Manyar yang disiarkan secara virtual, Kamis (27/6/2024).

Satgas ini nantinya diharapkan akan dapat melakukan pendalaman dan mencari solusi agar proyek yang terbengkalai bisa berjalan.

Bongkahan bauksit mentah./Bloomberg-Waldo Swiegers

“Kita akan membuat solusi agar beberapa yang masih terbengkalai itu bisa berjalan,” ujarnya.