Logo Bloomberg Technoz

BSSN Kritik Kominfo karena Tidak Siapkan Backup File di PDNS

Muhammad Fikri
27 June 2024 17:36

Rapat Panja Kebocoran Data DPR dengan Kominfo dan BSSN. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Rapat Panja Kebocoran Data DPR dengan Kominfo dan BSSN. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kritik keras Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang tidak menyiapkan cadangan data di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang berlokasi Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian saat menghadiri rapat bersama Komisi I DPR RI bersama Kominfo, dan BSSN di Kompleks DPR RI, Kamis (27/6/2024).

“Mohon maaf Pak Menteri, permasalahan utama adalah tata kelola dan tidak adanya backup [data]” kata Hinsa di rapat bersama.

Hinsa juga mengatakan bahwa seharusnya Kominfo telah menyiapkan cadangan data secara menyeluruh yang terdapat di PDNS 2 yang di Surabaya, maupun di PDNS 1 di Serpong sesuai dengan prosedur keamanan sistem pemerintahan basis elektronik.

Bedah Proyek PDN yang Kena Ransomware & Minta Tebusan US$8 Juta (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

“Kita sudah membuat Perban No 4 tahun 2021 tentang pedoman manajemen keamanan informasi sistem pemerintahan berbasis elektronik dan standar teknis, dan prosedur keamanan sistem pemerintahan basis elektronik terutama pasal 35 ayat 2y ini, yaitu masalah backup, itu tertuang di situ di sebuah pusat data” kata Hinsa.