Logo Bloomberg Technoz

Di beberapa bagian dunia, permintaan dari pusat data sudah melebihi pasokan listrik yang tersedia. Ini adalah tren yang mengancam untuk menjungkirbalikkan rencana transisi energi di seluruh negara.

Bill Gates menimpali bahwa permintaan tambahan dari mobil listrik, pompa penghasil panas, dan manufaktur baja ramah lingkungan akan “mengecilkan permintaan yang luar biasa untuk pusat data saat ini.”

Bill Gates. (Dok: Bloomberg)

Co-founder Microsoft ini sedang berada di London minggu ini untuk menghadiri pertemuan tiga hari untuk pemodal ventura Breakthrough Energy, yang telah berinvestasi di lebih dari 100 perusahaan bidang transisi energi.
Dalam sebuah wawancara Bill Gates juga berbicara tentang potensi penangkapan karbon untuk membantu dunia mencapai titik nol, dengan mengatakan bahwa menghilangkan emisi dari atmosfer adalah solusi terbatas karena biayanya.

“Ada beberapa perusahaan yang telah kami danai di luar sana yang memiliki kemungkinan untuk mencapai US$50 atau di bawahnya, namun itu adalah solusi yang sangat kasar yang ingin Anda hemat untuk sektor-sektor yang paling sulit untuk dikurangi,” imbuh Bill Gates, mengacu pada harga per ton pengurangan karbon.

Kuncinya adalah untuk mendapatkan biaya “jauh di bawah US$100 per ton,” kata Gates, dan menambahkan bahwa ia membayar US$200 per ton untuk mengimbangi emisi pribadinya.

(bbn)

No more pages