Logo Bloomberg Technoz

China Bangun Pabrik Tekstil di RI, Pekerja Sebut 'Justru Bagus'

Pramesti Regita Cindy
27 June 2024 17:10

Pekerja di pabrik tekstil PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di Solo, Jawa Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian
Pekerja di pabrik tekstil PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di Solo, Jawa Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Umum Indonesia Pengusaha Konveksi Berkarya (IPKB) Nandi Herdiaman mengatakan tenaga kerja sektor pertekstilan tidak merasa bermasalah dengan masuknya investasi industri tekstil China ke Indonesia.

Dirinya justru menyambut baik rencana pemerintah tersebut, asalkan perusahaan China yang akan berinvestasi tersebut mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh industri tekstil dan produk tekstil (TPT) RI.

"Kalau [mereka] operasi di sini, bagus. Ikut aturan di sini. Bersaing dengan kita, menciptakan lapangan pekerjaan. Kita juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saya dukung. Kalau perusahaannya di sini, otomatisnya cari kerja orang sini, [dan] ikut aturan dong. Masak aturannya dibeda-bedakan?," kata Nandi kepada awak media ketika ditemui dalam demo pekerja tekstil, di Monumen Patung Kuda, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Lebih lanjut, Nandi bahkan mempersilakan pemerintah untuk mengundang masuk investor China untuk membuka pabrik industri tekstilnya di Indonesia guna menciptakan persaingan sehat, sembari melindungi industri TPT lokal.

"Kalau sekarang kan terbalik. Kami [industri TPT lokal] tidak dibela, kami tidak dukung, malah kami dibunuh," tegasnya.

Ratusan buruh tekstil menggelar aksi demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (27/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)