Logo Bloomberg Technoz

Respon Jokowi Soal KPK Buka Kasus Korupsi Bansos Presiden

Muhammad Fikri
27 June 2024 17:50

Presiden Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)
Presiden Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari penyidikan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial atau bansos presiden saat penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jabodetabek tahun 2020. 

"Ya itu saya kira tindak lanjut dari peristiwa yang lalu," kata Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Kamis (27/6/2024).

kasus baru ini tetap berkaitan dengan operasi tangkap tangan (OTT) di Kemensos pada 2020; yang menjerat Menteri Sosial saat itu, Juliari Batubara. Dalam persidangan kasus korupsi bantuan sosial beras (BSB) ini, terungkap dugaan korupsi lain yang terjadi pada bansos presiden.

Saat itu, program BSB ditujukan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat pada program keluarga harapan sebagai bantuan terhadap dampak pandemi Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan Kemensos pada Agustus-Oktober 2020.

Sedangkan program bansos presiden dilakukan secara paralel pada periode yang sama. Akan tetapi, program ini terfokus pada wilayah Jabodetabek.