Logo Bloomberg Technoz

Pasang Ring Jantung atau dilakukan dengan metode PCI atau Percutaneous Coronary intervention adalah prosedur kurang invansif dibandingkan bypass jantung. Pada pasang ring jantung, seorang ahli kardiologi akan memasukkan kateter melalui pembuluh darah hingga mencapai arteri koroner yang tersumbat. Kemudian, stent (ring) kecil akan ditempatkan di area yang tersumbat untuk menjaga arteri tetap terbuka. Stent ini akan membantu memulihkan aliran darah yang normal dan mengurangi risiko serangan jantung di masa depan.

Perbandingan Proses dan Keuntungan

Bypass Jantung

  • Proses Lebih Invasif

Bypass jantung melibakan sayatan pada dada, sehingga memerlukan pemulihan yang lebih lama dibandingkan pasang ring jantung.

  • Penangan lebih luas

Prosedur ini cocok untuk kasus-kasus dengan penyumbatan arteri yang lebih luas dan kompleks.

  • Efek Jangka Panjang

Bypass jantung memiliki rekam jejak yang baik dalam jangka panjang terutama untuk kasus penyumbatan serius,

Pasang Ring Jantung

  • Proses Kurang Invasif

Pasang ring jantung hanya memerlukan suntikan kecil dan sayatan kecil pada area pangkal paha atau lengan.

  • Pemulihan lebih cepat

Pasien cenderung pulih lebih cepat setelah prosedur ini dibandingkan bypass jantung.

  • Cocok untuk kasus ringan hingga sedang

Pasang ring jantung cocok untuk kasus dengan penyumbatan yang lebih terlokalisasi dan sederhana.

Kondisi yang mengharuskan pasang ring jantung

Pasang ring jantung umumnya digunakan untuk mengatasi penyumbatan arteri koroner yang mengurangi aliran darah ke jantung, pasien dengan angina stabil, yaitu nyeri dada terkait aktivitas fisik, lesi arteri koroner yang cukup besar, kasus iskemia, yaitu kondisi ketika aliran darah ke jantung terbatas, dan risiko serangan jantung. 

Penting untuk mendiskusikan kondisi medis Anda dengan dokter spesialis kardiologi sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur pasang ring jantung.

Kondisi yang mengharuskan Bypass Jantung

Penyumbatan Arteri Koroner Berat atau multiple yang mengancam aliran darah ke jantung, lesi arteri yang kompleks dan luas, kasus Serangan Jantung Berulang, kondisi penyakit jantung koroner yang parah, terutama dengan area jaringan jantung yang terancam rusak, dan pasien yang tidak cocok pasang ring jantung. 

Keputusan untuk menjalani bypass jantung harus diputuskan bersama tim medis yang kompeten setelah evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kesehatan pasien.

Pemilihan antara bypass jantung dan pasang ring jantung tergantung pada kondisi kesehatan jantung masing-masing individu. Bypass jantung lebih cocok untuk kasus penyumbatan yang luas dan serius, sementara pasang ring jantung lebih sesuai untuk kasus yang lebih terlokalisasi dan ringan.

(dec/spt)

No more pages