Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Terus Bertumbuh, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham BBRI

Muhammad Julian Fadli
27 June 2024 14:42

Ilustrasi tabungan Bank BRI. (Dok. BRI)
Ilustrasi tabungan Bank BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Didukung kontribusi dari Pegadaian yang ciamik, pertumbuhan pendapatan dari sisi top-line yang berhasil ada di atas guidance, juga peningkatan kualitas aset, seiring dengan sentimen perpanjangan stimulus restrukturisasi kredit hingga 2025, menjadikan prospek saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) lebih potensial kedepannya.

Bersamaan dengan kinerja keuangan per Mei-2024 atau dalam lima bulan (Bank Only) yang berhasil mencatatkan kenaikan, tercermin dari laba bersih Bank BRI yang mencapai Rp21,9 triliun, tumbuh 8,8% secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Sementara di kinerja sebelumnya, tepatnya pada empat bulan pertama 2024, laba bersih BBRI hanya meningkat 4,5% yoy. 

Analis Trimegah Sekuritas memaparkan, Bank BRI menunjukkan peningkatan kinerja yang moderat, dengan pertumbuhan top-line, dan kontribusi dari Pegadaian yang turut mendukung pendapatan.

Hasil untuk Mei-24 juga berhasil mencerminkan peningkatan Net Interest Margin (NIM) menjadi 6,1% dari sebelumnya pada April-24 ada di angka 5,9%, efek positif dari hasil kualitas aset yang lebih tinggi. Kemudian Biaya Kredit (Cost of Credit/CoC) berhasil dipertahankan di 3,8% di mana pada bulan kemarin juga di kisaran 3,7%. Hal tersebut merupakan beberapa pendorong utama kinerja Bank BRI.