Logo Bloomberg Technoz

Luhut Undang China untuk Investasi di IKN

Elisa Valenta
05 April 2023 13:45

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Ketua NDRC H.E. Zheng Shanjie. (Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Ketua NDRC H.E. Zheng Shanjie. (Tangkapan layar Instagram @luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah megundang investor asal China untuk berinvestasi di proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Hal itu ia sampaikan saat bertemu Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC) H.E. Zheng Shanjie, Selasa (4/4/2023). Jenderal purnawirawan tersebut kabarnya juga membahas sejumlah hal. Beberapa di antaranya, progress pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kawasan Industri Hijau Kalimantan Utara, Proyek GMF-BRI, Herbal Center, South-South Cooperation, Vocational Training. 

"Ibu Kota Nusantara yang mendapat pesan khusus dari Presiden Jokowi bahwa progressnya berjalan dengan begitu baik dan berharap pula akan mendapat dukungan dari Tiongkok," tulis Luhut dalam akun Instagramnya dikutip Rabu (4/4).

Dia menyampaikan, hingga saat ini, akumulasi Investasi China di Indonesia telah mencapai US$ 30,8 Milliar sejak 2014 hingga 2022. Investasi ini berhasil melahirkan 15.906 proyek dan mencatatkan China sebagai investor ke-3 terbesar di Indonesia.

"Oleh karena itu, saya menyampaikan rasa terimakasih yang begitu besar dan memastikan Indonesia akan terus melakukan berbagai perbaikan dan efisiensi, sehingga bersama-sama dengan Tiongkok kita berjuang menjadi negara maju di tahun 2045 nanti," ujarnya.