Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu: Tidak Ada Pembahasan Kenaikan BBM Subsidi dengan ESDM

Dovana Hasiana
27 June 2024 13:00

Bahan bakar minyak (BBM)./Bloomberg-David Paul Morris
Bahan bakar minyak (BBM)./Bloomberg-David Paul Morris

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Keuangan menegaskan hingga saat ini tidak terdapat pembahasan mengenai kemungkinan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Dalam kaitan itu, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga sudah sepakat bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk bisa bergerak fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan subsidi. 

“Pembahasan sampai saat ini tidak ada pembahasan mengenai kemungkinan kenaikan harga BBM [subsidi] dengan Kementerian ESDM,” ujar Isa dalam konferensi pers APBN KITA Juni, Kamis (27/6/2024). 

Isa tidak menampik bahwa Indonesia saat ini mendapatkan tekanan dari sisi nilai tukar rupiah, di mana mengalami pelemahan hingga level Rp16.000 terhadap dolar Amerika Serikat (AS)

Namun, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude-oil Price (ICP) saat ini masih sesuai dengan prediksi yang ditetapkan pada APBN 2024 sebesar US$82/barel.