Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya Deputi Bidang Monitoring dan Pencegahan KPK, Pahala mengatakan bahwa pihaknya bakal mengklarifikasi 3 orang pegawai Ditjen Pajak. Mereka disebut memiliki saham pada dua perusahaan konsultan pajak. 

Klarifikasi ini merupakan tindak lanjut dari pendataan terhadap 134 pegawai pajak yang memiliki saham di 280 perusahaan. Dalam temuan itu, dua di antaranya bergerak di bidang konsultan pajak.

Barang bukti tersangka Rafael Alun Trisambodo diperlihatkan saat konfrensi pers di gedung KPK, Senin (3/4/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Pemeriksaan tersebut juga merupakan hasil penyidikan lanjutan dari Rafael Alun Trisambodo (RAT), mantan pegawai pajak yang kini telah menjadi tersangka kasus gratifikasi.

Rafael menjadi tersangka dalam kasus diproses hukum oleh KPK atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi selama 12 tahun yaitu periode 2011-2023.  Penetapan tersangka Rafael termuat dalam Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (Sprindik) per 27 Maret 2023. Dia disangkakan melanggar Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).  Dia telah resmi ditahan di rumah tahanan KPK selama 20 hari terhitung sejak Senin (3/4/2023).

(ibn/ezr)

No more pages