Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Sebut Total Anggaran Negara untuk IKN Sudah Rp72,5 T

Azura Yumna Ramadani Purnama
27 June 2024 11:08

Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)
Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah sudah mengalokasikan anggaran Rp72,5 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan menjadi ibu kota negara yang baru. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan nilai anggaran tersebut merupakan akulumasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dalam selama tiga tahun. 

"Jadi kalau kita lihat dari tahun 2022, 2023, 2024 alokasi yang ditaruh di APBN mencapai Rp72,5 triliun. Belanja untuk tiga tahun ini, kita harapkan IKN bisa digunakan pada 17 Agustus (2024)," kata Sri Mulyani saat memaparkan APBN Kita, Kamis (27/6/2024). 

Paparan APBN Kita. Dok: Kementerian Keuangan

Untuk tahun ini, kata Sri Mulyani, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan IKN senilai Rp40 triliun. Dari total alokasi tersebut, anggaran yang sudah digunakan mencapai Rp5,5 triliun, yang digunakan untuk pembangunan Istana Presiden, kantor kementerian, pembangunan rumah susun untuk aparat sipil negara (ASN) dan aparat keamanaan. 

Selain itu, anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan rumah tapak menteri, rumah sakit, jalan tol, jembatan, bandara dan penyempurnaan kawasan.