Logo Bloomberg Technoz

Investasi Tekstil China Lebih Efisien, Pemain Lokal RI Bisa Keok

Pramesti Regita Cindy
27 June 2024 11:10

Aktivitas sebuah pabrik tekstil di Guangzhou, China./Bloomberg-Qilai Shen
Aktivitas sebuah pabrik tekstil di Guangzhou, China./Bloomberg-Qilai Shen

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rencana masuknya investasi pabrik tekstil dan produk tekstil (TPT) China ke Indonesia dikhawatirkan berdampak negatif bagi daya saing pengusaha tekstil lokal. Terlebih, efisiensi yang lebih tinggi dari industri tekstil negara tersebut juga tidak dapat dipandang sebelah mata.

Untuk itu, ekonom sekaligus Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti Soeryaningrum Agustin menggarisbawahi pemerintah wajib melindungi pengusaha lokal dari persaingan ini.

Caranya adalah dengan membakukan regulasi yang tepat melalui kebijakan penyetaraan medan kompetisi atau level of playing field di industri pertekstilan nasional.

"Nanti dibikin ini regulasinya, artinya gini, ada sister company gitu. Ibaratnya, 'Eh lu gua kasih kemudahan investasi ya di Indonesia, tetapi harus mengadopsi sister company gitu dengan perusahaan lokal'. Kemudian, komponennya kalau bisa ada komponen lokal, terus tenaga kerjanya itu sebagian besar tenaga kerja Indonesia," jelas Esther, Kamis (27/6/2024).

Ilustrasi pabrik tekstil./Bloomberg-Luke Dray

Tenaga Kerja