Logo Bloomberg Technoz

Demo Buruh Tekstil: Srimul, Zulhas Dituntut Berangus Mafia Impor

Pramesti Regita Cindy
27 June 2024 10:15

Demo Buruh Tekstil (Bloomberg Technoz/Pramesti)
Demo Buruh Tekstil (Bloomberg Technoz/Pramesti)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aliansi IKM dan Pekerja Nasional melakukan unjuk rasa atas atas gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja tekstil dan produk tekstil (TPT), serta ditutupnya usaha di sektor industri tersebut baik skala besar maupun kecil. 

Ribuan massa yang hadir dalam unjuk rasa tersebut akan melakukan long march dari area parkir IRTI Monas, hingga menuju monumen Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024). Adapun, massa tampak mulai terlihat berkumpul sejak pukul 09.15 WIB dengan serempak mengenakan kaus putih. 

Mewakili serikat pekerja TPT, Ketua Umum Indonesia Pengusaha Konfeksi Berkarya (IPKB) Nandi Herdiaman menolak  praktik impor borongan atau kubikasi dan praktik semua bentuk praktik impor illegal, serta menuntut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Srimul) untuk segera memberantas sarang mafia impor yang selama ini dituding bercokol di Direktorat Jenderal Bea Cukai. 

Demo Buruh Tekstil (Bloomberg Technoz/Pramesti)

Mereka juga meminta seluruh jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju serta jajaran lembaga pemerintah lainnya untuk berani menolak segala bentuk intervensi negara asing terhadap kebijakan pasar domestik.

Termasuk, intervensi yang dilakukan oleh 'mafia impor; bersama kroni-kroninya serta para peritel barang-barang impor.