Logo Bloomberg Technoz

Harga Buyback Emas Anjlok Rp15.000, Cuan Investor Tersisa 8%

Ruisa Khoiriyah
27 June 2024 10:00

Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia maupun domestik hari ini terperosok turun akibat kebangkitan nilai dolar Amerika Serikat (AS) di pasar global. Harga emas di pasar spot dunia terjatuh ke level terendah sejak 7 Juni akibat kenaikan the greenback hingga menyentuh 107 dalam perdagangan di New York tadi malam. 

Alhasil, harga jual emas di pasar domestik pun terimbas. Salah satu produsen emas batangan di Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang menjual emas fisik dengan merek Logam Mulia, menurunkan harga jual emasnya sebesar Rp11.000 menjadi Rp1.350.000 per gram. Pada saat yang sama, Antam juga menurunkan lebih dalam patokan harga buyback atau harga yang jadi acuan bila seseorang hendak menjual simpanan emasnya ke Antam. Buyback price emas Antam hari ini anjlok Rp15.000 menjadi Rp1.220.000 per gram. 

Bagi para investor emas yang hendak menjual emas miliknya ke Antam, penurunan buyback price itu tentu bukan kabar menyenangkan. Sementara bagi calon investor yang ingin memulai pembelian emas atau menambah simpanan emas, penurunan harga jual saat ini justru menjadi kabar baik.

Harga jual yang lebih murah artinya investor bisa membeli emas dengan modal lebih kecil. Potensi kenaikan harga emas di sisa tahun ini masih terbuka terutama menilik prospek penurunan bunga acuan Federal Reserve (The Fed) masih terbuka setidaknya satu kali sebesar 25 bps. Bunga global yang lebih rendah akan mengungkit harga emas sebagai aset safe haven yang tidak memberikan imbal hasil. 

Sementara bagi investor emas yang hendak mencairkan dana investasi di emas kala buyback price turun, mungkin harus menghadapi penurunan keuntungan. Gambarannya, bagi Anda yang membeli emas pada akhir tahun lalu ketika banderol emas Antam dipatok di Rp1.130.000 per gram, lalu hendak menjualnya hari ini, persentase keuntungan yang potensial dinikmati hanya 8%. Turun dibandingkan Jumat lalu di mana penjual emas masih berpeluang mengantongi persentase keuntungan 10,5% ketika buyback price emas Antam dibanderol di Rp1.249.000 per gram.