Logo Bloomberg Technoz

Harga Jual Emas Antam Makin Murah, Turun Rp11.000 Hari Ini

Ruisa Khoiriyah
27 June 2024 08:38

Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terperosok semakin murah hari ini, Kamis (27/6/2024). Harga emas batangan yang dijual oleh BUMN itu turun Rp11.000 ke level Rp1.350.000 per gram.

Penurunan harga emas Antam itu terseret kejatuhan harga emas di pasar internasional yang tertekan kebangkitan nilai dolar Amerika Serikat (AS). Emas memiliki posisi sama-sama sebagai aset safe haven bersama dolar AS, yakni aset yang dianggap aman di kala situasi pasar penuh ketidakpastian atau turbulensi.

Namun, pergerakan kedua aset tersebut berlawanan. Ketika dolar AS menguat, harga emas biasanya tertekan. Begitu juga sebaliknya, ketika dolar AS melemah, harga emas melesat. Itu karena emas tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset) sehingga dalam situasi bunga global yang tinggi, ia relatif tersisihkan ketimbang the greenback. Dengan kini potensi penurunan bunga acuan Federal Reserve terkikis, emas makin kalah pamor dengan dolar AS.

Kejatuhan harga emas global juga menyeret harga beli kembali (buyback price) emas Antam. Harga buyback menjadi acuan bagi investor yang hendak menjual koleksi emasnya kembali ke Antam. Hari ini, buyback price Antam bahkan anjlok lebih dalam hingga Rp15.000 menjadi Rp1.220.000 per gram.

Dengan demikian, selisih antara harga jual emas Antam dengan harga buyback menjadi kian lebar, mencapai Rp130.000 per gram.