Logo Bloomberg Technoz

"Perlu diwaspadai komoditas yang andil besar maka kita harus mewaspadai harga komoditas karena tingginya permintaan jelang hari raya Idulfitri," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Senin (3/4/2023).

BPS mencatat pada Maret 2023 terjadi inflasi year on year (y-on-y) sebesar 4,97% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,36. Tercatat, komoditas seperti beras, telur ayam ras, tarif angkutan udara, tarif listrik dan bahan bakar rumah tangga turut memberikan andil/sumbangan inflasi y-on-y pada Maret 2023, Sementara komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi y-on-y, antara lain daging ayam ras, tomat, dan minyak goreng.

"Jika kita lihat secara historis komoditas tarif angkutan udara disebabkan oleh tingginya permintaan karena arus mudik, sementara permintaan akan daging sapi atau telur biasanya untuk memenuhi kebutuhan Lebaran," kata dia.

Tabel perkembangan inflasi pada bulan Ramadan (BPS.go.id)

Harga daging sapi kembali melonjak diketahui menimbulkan biaya tambahan yang tidak sedikit yang pada akhirnya mempengaruhi harga jual.

Menurut Board Members Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Risti Permani, rantai distribusi daging sapi yang panjang menimbulkan biaya tambahan yang cukup tinggi sehingga kenaikan di harga logistik dan transportasi akan berdampak signifikan pada kenaikan harga modal produksi daging sapi di tingkat produsen.

"Belum lagi adanya kebijakan eksternal yang turut berdampak, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak,” katanya melalui keterangan resmi Selasa (28/3/2023).

(ezr/frg)

No more pages