Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Cek Harga di 2 Pasar, Hanya Daging Sapi yang Naik

Ezra Sihite
05 April 2023 12:35

Presiden Jokowi tinjau Pasar Rawamangun dan Pasar Johar Baru (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi tinjau Pasar Rawamangun dan Pasar Johar Baru (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pasar Rawamangun dan pasar Johar Baru, Jakarta untuk mengecek stok dan harga-harga kebutuhan pangan menjelang Lebaran. Menurut Jokowi, harga sebagian besar bahan pangan terkendali. Namun daging sapi memang mengalami kenaikan.

"Ya ini kan ini kan mendekati Lebaran saya dan menteri perdagangan ingin ngecek yang pertama stoknya Kemudian yang kedua harganya kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah. Harga juga justru banyak yang turun," kata Jokowi di Jakarta sebagaimana dilansir laman YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (5/4/2023).

Kenaikan harga daging kata Jokowi memang disebabkan adanya inflasi sebagaimana dirilis Badan Pusat Statisik (BPS) belum lama ini.

"Telur ayam turun daging ayam turun beras juga turun kemudian bawang juga turun. Yang naik hanya daging naik dikit sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi inflasi. Ini posisi mau Lebaran tapi harga-harga turun ya," lanjutnya.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) mewaspadai kenaikan harga sejumlah komoditas menjelang hari raya Idulfitri dan bisa memberi andil besar dalam inflasi. Beberapa komoditas tersebut adalah tarif angkutan udara, daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras.