Logo Bloomberg Technoz

Emas dan dolar AS memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS menguat, biasanya harga emas bergerak sebaliknya.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS terapresiasi, emas jadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas akan turun, harga pun mengikuti.

Penguatan dolar AS dipicu oleh pernyataan Anggota Dewan Gubernur The Fed Michelle ‘Miki’ Bowman. Dalam sebuah acara di London (Inggris), Bowman menyebut menahan suku bunga acuan di levell saat ini untuk sementara waktu mungkin sudah cukup untuk membawa inflasi turun ke arah target 2%. Bowman pun menegaskan dirinya tidak memperkirakan Federal Funds Rate bisa turun tahun ini.

Saat ditanya apakah dirinya menilai suku bunga acuan tidak bisa turun tahun ini, Bowman menjawab:

“Ya, itu masih menjadi pandangan saya. Saya tidak memperkirakan penurunan suku bunga tahun ini, saya menaruh itu (penurunan suku bunga) untuk tahun-tahun ke depan.

“Saat ini, dengan ketidakpastian prospek ekonomi dan data yang ada, kami dalam posisi yang baik meski situasi bisa berkembang. Saat data yang masuk mengindikasikan bahwa inflasi turun ke arah 2% secara berkelanjutan, maka menjadi layak (appropriate) untuk menurunkan suku bunga acuan secara bertahap. Namun, kita belum sampai ke titik itu dan saya akan tetap hati-hati,” papar Bowman.

Merespons pernyataan tersebut, pelaku pasar menjadi gusar. Akibatnya, peluang penurunan suku bunga  acuan pada September menipis.

Mengutip CME FedWatch, probabilitas pemangkasan Federal Funds Rate sebanyak 25 basis poin (bps) menjadi 5-5,25% pada September adalah 57,3%. Ini menjadi yang terendah dalam sebulan terakhir.

Probabilitas Federal Funds Rate dalam Rapat September (Sumber: CME FedWatch)

Selain membuat dolar AS berjaya, prospek suku bunga bertahan di level tinggi membuat emas kurang seksi. Sebab, emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset).

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas terperosok ke zona bearish. Terbukti dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 43,99. RSI di bawah 50 menunjukkan suatu aset sedang dalam posisi bearish.

Namun, perlu dicermati bahwa indikator Stochastic RSI sudah menyentuh 13,98. Skor di bawah 20 menandakan sudah masuk zona jenuh jual (oversold).

Dengan demikian, harga emas berpeluang bangkit. Target resisten terdekat ada di US$ 2.323/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.332/troy ons berpotensi menjadi target berikutnya.

Sementara target support terdekat adalah US$ 2.289/troy ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas turun lagi menuju US$ 2.249/troy ons.

(aji)

No more pages