Logo Bloomberg Technoz

Usung Anies-Sohibul, PKS Klaim Sudah Bicara dengan PKB dan Nasdem

Mis Fransiska Dewi
26 June 2024 17:10

Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan, deklarasi bakal pasangan calon Anies Baswedan-Sohibul Iman pada Pilkada Jakarta sudah melalui proses komunikasi dengan rekannya di Koalisi Perubahan; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem.

Hal ini disampaikan sebagai tanggapan tak hadirnya Anies Baswedan dan dua anggota Koalisi Perubahan saat deklarasi sikap politik PKS pada Pilkada DKI Jakarta. 

"Tidak mungkin terjadi sebuah statement tanpa ada dialog. Sudah komunikasi dalam, ke Nasdem ke PKB semua juga sudah terbicarakan,” kata Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi di Kompleks Parlemen, Rabu (26/6/2024).

Meski demikian, Aboe belum bisa memastikan PKB dan Nasdem akan ikut mendukung pasangan Anies-Sohibul. Dia pun mengklaim, keputusan deklarasi Anies-Sohibul bukan langkah PKS untuk menutup peluang pencalonan dari anggota koalisi yang lain.

Menurut dia, PKS akan terus berkomunikasi dengan PKB dan Nasdem untuk menentukan sosok cawagub yang ideal bagi koalisi tersebut. Atau, kata dia, PKS bisa saja menjalin kerja sama yang lain karena masih membuka komunikasi dengan sejumlah partai politik di luar koalisi perubahan.