Logo Bloomberg Technoz

Landasan Bandara di Korsel Tutup 3 Jam akibat Balon Sampah Korut

Redaksi
26 June 2024 16:00

Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Sumber: SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penerbangan dan pendaratan di bandara internasional Incheon, Korea Selatan (Korsel) terganggu pada Rabu (26/6/2024) selama sekitar tiga jam sebelum fajar. Gangguan ini akibat balon-balon yang diluncurkan oleh Korea Utara (Korut) yang berisi sampah.

Melansir Reuters, juru bicara bandara mengatakan, satu balon mendarat di landasan pacu dekat terminal penumpang Terminal 2 dan tiga landasan pacu di Incheon ditutup untuk sementara waktu.

Korut telah menerbangkan balon-balon yang membawa sampah ke Korsel sejak akhir Mei lalu, dengan ratusan balon mendarat di Korsel.

Beberapa balon terlihat di dalam dan di sekitar perbatasan bandara. Juru bicara tersebut menambahkan bahwa ini bukan pertama kalinya operasi di bandara--yang berjarak sekitar 40 km dari perbatasan Korut--terganggu oleh balon-balon di dekatnya.

Menurut Incheon International Airport Corporation, gangguan pada penerbangan domestik dan internasional terjadi antara pukul 1:46 pagi dan 4:44 pagi, dan landasan pacu telah dibuka kembali sejak saat itu.