Logo Bloomberg Technoz

Industri Tekstil Meradang, Buruh TPT Akan Demo Besar di DKI Besok

Pramesti Regita Cindy
26 June 2024 15:15

Buruh melakukan aksi demo saat peringatan hari Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (1/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Buruh melakukan aksi demo saat peringatan hari Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (1/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ribuan pekerja yang tergabung dalam aliansi IKM & Pekerja Tekstil Indonesia akan melakukan unjuk rasa atas badai pemutusan hubungan kerja (PHK) industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang masih menghantui sektor tersebut hingga tahun ini.

Terlebih, masalah PHK sektor TPT ini disinyalir akibat isu banjir impor pakaian jadi di pasar dalam negeri. Hal tersebut kian membuat permintaan ekspor terpukul dan membuat gelombang PHK tak terelakkan.

"Relaksasi impor membuat para pelaku industri kecil dan menengah banyak yang berguguran. Pemerintah sibuk bertikai dan saling menyalahkan dengan adanya penutupan pabrik dan PHK massal ini," tulis aliansi IKM & Pekerja Tekstil Indonesia dalam pengumuman aksinya, Rabu (26/6/2024).

Adapun, aksi ini akan dilakukan esok hari, Kamis (27/6/2024), dengan titik kumpul Patung Kuda, Jakarta Pusat mulai pukul 09.00 WIB. 

Pekerja di pabrik tekstil PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di Solo, Jawa Tengah./Bloomberg-Dimas Ardian

Dalam pengumumannya, para buruh menuntut pemerintah untuk serius dalam menyelamatkan industri TPT dari ancaman kebangkrutan, dan menuntut pemerintah melakukan tindakan konkret untuk mengurangi PHK massal.