Logo Bloomberg Technoz

Telkom Janji Pulihkan PDN yang Diretas Ransomware Brain Chiper

Redaksi
26 June 2024 15:25

Ilustrasi Server Berpendingin. (Qilai Shen/Bloomberg)
Ilustrasi Server Berpendingin. (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Telkom menjanjikan proses pemulihan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang pekan lalu diretas oleh grup ransomware Brain Chiper.

Menurut Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko, melalui Telkom Sigma dan Lintasarta segera melakukan pemulihan PDNS 2 secepatnya dan secara paralel proses forensik tetap berjalan.

“Untuk jangka panjang akan dilakukan dengan normalisasi arsitektur keseluruhan setelah PDNS 2 kembali berfungsi,” jelas dia dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (26/6/2024).

Ia menyebbut 282 tenant pusat data, yaitu para lembaga pemerintah terdampak akibat serangan Ransomware Brain Cipher di PDNS 2 Surabaya. Kini perusahaan terus mengejar proses pemulihan layanan dengan mengandalkan DRC Sementara di Tangerang dengan menggunakan data backup yang tersedia.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI Hinsa Siburian dalam keterangan perdana peretasan Brain Cipher Ransomware, Senin (24/6/2024), menyebut bahwa Telkom Sigma bertindak sebagai pengelola PDNS 2 sebelum Pusat Data Nasional rampung dibangun.