Logo Bloomberg Technoz

Meskipun langkah-langkah yang direncanakan membantu shilling menjadi mata uang dengan performa terbaik di dunia tahun ini, langkah-langkah ini juga memicu protes dari penduduk yang berjuang dengan kenaikan harga-harga makanan dan tingkat pengangguran kaum muda yang menurut Federasi Pengusaha Kenya mencapai 67%.

Pemerintah "harus memperlakukan setiap ancaman terhadap keamanan nasional dan integritas negara kita sebagai bahaya eksistensial bagi republik kita," kata Ruto dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi pada Selasa malam.

"Oleh karena itu, saya meyakinkan warga Kenya bahwa kami akan memberikan tanggapan penuh, efektif, dan cepat terhadap peristiwa pengkhianatan hari ini."

Beberapa usulan pungutan yang dibatalkan dalam pemungutan suara, di antaranya pungutan untuk transfer uang seluler, layanan perbankan, dan impor berbagai barang termasuk popok dan ban karet.

Anggota parlemen mempertahankan bea masuk untuk produk-produk seperti baterai dan telepon seluler, bersama dengan peningkatan biaya deklarasi impor dan pajak taruhan yang lebih tinggi.

Kekurangan Pendanaan

Menteri Keuangan Kenya Njuguna Ndung'u mengatakan minggu lalu bahwa langkah pemerintah untuk menarik kembali beberapa pungutan akan menyebabkan kekurangan dana sebesar 200 miliar shilling dalam keuangan pemerintah.

IMF yang berbasis di Washington, yang membantu negara-negara yang mengalami defisit neraca pembayaran, sering merekomendasikan langkah-langkah penghematan untuk memperbaiki fundamental ekonomi--sebuah resep yang menyebabkan penderitaan jangka pendek yang akut sebagai harga untuk stabilitas jangka panjang.

Pemerintah yang mendorong langkah-langkah penghematan seperti pemotongan pengeluaran dan penarikan subsidi sering kali bentrok dengan para pengunjuk rasa, yang hasilnya termasuk kekerasan dan penggulingan pemerintahan.

Di Indonesia, pencabutan subsidi bahan bakar dan pangan atas desakan IMF pada tahun 1998 menyebabkan pemberontakan yang memaksa diktator Soeharto turun dari kekuasaannya. Ketidakpuasan terhadap IMF di Argentina pada tahun 2001 menyebabkan kematian dan pengunduran diri presiden. Protes terhadap pinjaman IMF ke Maroko pada awal 1980-an menyebabkan pembakaran bank-bank dan konfrontasi dengan polisi yang menewaskan ratusan orang.

Di Kenya, para pengunjuk rasa menyerbu gedung-gedung parlemen di ibu kota, Nairobi, pada Selasa. Ini terjadi beberapa saat setelah para legislator meloloskan serangkaian langkah-langkah pajak yang sangat tidak populer yang dikeluhkan oleh rakyat Kenya sebagai sesuatu yang memberatkan.

"Kami mempertahankan masa depan kami dari rancangan undang-undang keuangan ini. Pajaknya terlalu tinggi," kata Derick Nandwa, 20 tahun, seorang mahasiswa ilmu komputer. "Kami tidak menginginkan amendemen. Kami menolak sepenuhnya."

Korban Tewas

Kemungkinan jumlah korban tewas mencapai delapan orang, menurut lembaga penyiaran KTN. Sedikitnya 31 orang terluka, termasuk 13 orang yang ditembak dengan peluru tajam, kata kelompok hak asasi manusia Amnesty International dalam sebuah pernyataan.

Ruto memiliki waktu 14 hari untuk menyetujui langkah-langkah yang telah direvisi, atau meminta parlemen untuk melakukan perubahan.

Untuk mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh konsesi-konsesi tersebut, para anggota parlemen menyetujui sebuah amandemen untuk menaikkan pajak impor, yang hasilnya akan membantu membiayai operasi-operasi kereta api yang dibangun oleh China. Sebuah proposal baru akan diperkenalkan untuk meningkatkan pungutan bahan bakar sebesar 39%.

Departemen Keuangan juga dapat meminjam lebih banyak atau memperkenalkan langkah-langkah pajak lainnya. Utang negara--setara dengan sekitar 67% dari PDB--berisiko tinggi mengalami kesulitan, menurut IMF.

Di bawah program IMF yang disepakati pada tahun 2021, Kenya berkomitmen untuk meminjam lebih sedikit, memangkas pengeluaran pemerintah, dan meningkatkan pengumpulan pendapatan.

Hal ini membuat pemberi pinjaman yang berbasis di Washington ini menjadi penjahat yang tidak terduga dalam aksi protes, di mana namanya terpampang di poster-poster dan dikecam oleh massa yang marah.

(bbn)

No more pages