Logo Bloomberg Technoz

"Tuduhan palsu tentang spionase ini pasti akan berujung pada vonis palsu bagi seorang pria yang tidak bersalah yang kemudian akan menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara hanya karena melakukan pekerjaannya."

Departemen Luar Negeri AS telah secara resmi menetapkan bahwa Gershkovich "ditahan secara tidak sah," yang memungkinkan AS untuk bernegosiasi atas namanya. Para pejabat Rusia mengatakan bahwa pembicaraan mengenai kemungkinan kesepakatan pertukaran hanya dapat dilakukan setelah ada putusan pengadilan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada pertemuan 5 Juni dengan media asing bahwa badan-badan intelijen kedua negara telah melakukan kontak. AS disebut mengambil langkah-langkah energik untuk mengamankan pembebasan wartawan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan tokoh media Amerika, Tucker Carlson pada Februari, Putin mengatakan bahwa "syarat-syarat tertentu" sedang didiskusikan untuk membebaskan Gershkovich. Putin juga menyinggung kasus seorang pria yang disebutnya sebagai "patriot" yang dipenjara karena pembunuhan di sebuah negara Eropa.

Hal itu jelas merujuk pada Vadim Krasikov, yang menjalani hukuman seumur hidup di Jerman atas pembunuhan seorang mantan pemberontak Chechnya di Berlin pada 2019.

Rusia sebelumnya menyatakan bahwa mereka sedang mengupayakan pemulangan Krasikov dalam pembicaraan pertukaran tahanan.

Bintang WNBA Amerika Serikat Brittney Griner ditukar dengan pedagang senjata Rusia yang terkenal jahat, Viktor Bout, pada tahun 2022. Mantan Marinir AS Paul Whelan tetap dipenjara setelah dijatuhi hukuman 16 tahun pada tahun 2020 atas tuduhan mata-mata yang dia sangkal. Whelan ditahan pada Desember 2018 saat menghadiri pernikahan di Moskow.

(bbn)

No more pages