Logo Bloomberg Technoz

Rusia Akan Mulai Mengadili Wartawan AS atas Tuduhan Spionase

News
26 June 2024 14:10

Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)
Bendera Rusia (Sumber: Bloomberg)

Greg Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Wartawan Wall Street Journal yang dipenjara, Evan Gershkovich, mulai diadili di Rusia pada Rabu (26/6/2024) atas tuduhan spionase (memata-matai). Gershkovich akan menghadapi vonis yang hampir pasti dapat membuka jalan bagi pembebasannya dalam kesepakatan pertukaran.

Gershkovich, 32 tahun, dan surat kabar tersebut telah membantah tuduhan Dinas Keamanan Federal Rusia bahwa ia melakukan kegiatan mata-mata saat ia ditahan di kota Ural, Yekaterinburg, dalam sebuah perjalanan peliputan pada Maret tahun lalu. Ini adalah pertama kalinya sejak Perang Dingin, Rusia mengadili seorang wartawan AS atas tuduhan spionase.

Sidang rahasia di Pengadilan Regional Sverdlovsk di kota itu akan berlangsung secara tertutup, menurut layanan pers pengadilan. Tak jelas berapa lama sidang akan berlangsung atau kapan vonis akan dijatuhkan, meski pengadilan Rusia hampir selalu berakhir dengan vonis bersalah bagi terdakwa.

Pengadilan ini "tidak adil bagi Evan dan merupakan kelanjutan dari parodi keadilan yang sudah berlangsung terlalu lama." Pemimpin Redaksi WSJ Emma Tucker mengatakan dalam sebuah surat kepada pembaca yang diterbitkan pada Selasa.