Logo Bloomberg Technoz

Sudah Legal di Indonesia, BYD Urus Proses Jadi Anggota Gaikindo

Pramesti Regita Cindy
26 June 2024 13:00

Peluncuran mobil BYD untuk pasar Indonesia, Kamis (18/1/2024).
Peluncuran mobil BYD untuk pasar Indonesia, Kamis (18/1/2024).

Bloomberg Technoz, Jakarta Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kuswara memastikan bahwa raksasa produsen kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) asal China, Build Your Dreams (BYD), telah mendaftarkan keanggotaanya kepada asosiasi tersebut.

Kukuh mengatakan saat ini, BYD tinggal menyelesaikan permasalahan proses administrasi agar bisa terdaftar menjadi anggota Gaikindo. Dengan mendaftarnya BYD ke Gaikindo, dapat dikatakan mereka telah siap memasarkan produknya di dalam negeri.

"Artinya, mereka sudah dapat persetujuan secara legal dari Pemerintah Indonesia bahwa mereka akan beroperasi di sini, dan itu ditunjukkan dengan dokumen-dokumen yang ada, detail-detail dokumen yang ada oleh BYD ke Gaikindo disertai persyaratan-persyaratan yang lain, dan setelah kita cek dan verifikasi bisa diterima," jelas Kukuh kepada Bloomberg Technoz, Rabu (26/6/2024).

BYD Dolphin dipamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Meski demikian, Kukuh sendiri juga belum dapat memastikan berapa nilai dan volume penjualan yang ditargetkan dan sudah direalisasikan oleh BYD di pasar otomotif RI. 

"Kalau volume penjualan itu mereka yang tahu ya, tetapi kelihatannya mereka sudah siap tinggal menunggu kedatangan unitnya sama proses-proses lain. Untuk di hilirnya [dealer] mereka kan sudah ada, tinggal pengiriman [mobil] CBU [completely built up]-nya," sambungnya.