Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya pada hari Rabu, Asisten Gubernur Christopher Kent mengatakan bahwa bank sentral “waspada” terhadap risiko kenaikan inflasi dan ingin melihat bukti pelonggaran lebih lanjut dalam IHK inti (alat pengukuran perubahan harga barang dan jasa, tidak termasuk makanan dan energi) sebelum mempertimbangkan penurunan suku bunga. 

Overnight Index Swaps menunjukkan bahwa penurunan suku bunga belum sepenuhnya diperhitungkan hingga September 2025; bahkan, mereka sekarang menyiratkan peluang kenaikan sebesar 40% di bulan Agustus.

Inflasi Australia

Di AS, para pejabat The Federal Reserve (The Fed) mengatakan bahwa meskipun mereka terdorong oleh peningkatan dalam data harga, mereka perlu melihat kemajuan selama berbulan-bulan sebelum menurunkan suku bunga. Pasar kerja yang sehat memberi mereka fleksibilitas.

Hal ini juga terjadi di Australia, di mana tingkat pengangguran berada di sekitar level yang berada di bawah perkiraan lapangan kerja penuh. Tujuan RBA adalah untuk mengembalikan harga konsumen ke dalam target 2%-3% sambil mempertahankan kenaikan lapangan kerja yang signifikan yang dibuat sejak pandemi. 

Ekonom Bloomberg James McIntyre menilai, "Pembacaan CPI yang lebih panas kemungkinan akan menambah spekulasi bahwa Reserve Bank of Australia akan menaikkan suku bunga pada pertemuan 5-6 Agustus. Kami tidak berpikir itu akan terjadi. Laporan CPI Juni dan laporan inflasi 1Q24 yang akan dirilis pada 31 Juli akan menjadi lebih relevan - data tersebut akan menjadi bahan untuk pembaruan perkiraan menjelang pertemuan RBA pada Agustus."

RBA telah mempertahankan suku bunga sejak pengetatan yang mengejutkan di bulan November, sembari menyoroti bahwa permintaan agregat masih melebihi kapasitas suplai ekonomi. Kenaikan suku bunga Australia sebanyak 13 kali antara Mei 2022 dan November 2023 berada di ujung bawah skala pengetatan global. 

Bullock telah menyatakan kesediaannya untuk bersabar karena ia berusaha memperlambat inflasi tanpa mencekik pertumbuhan ekonomi. Perkiraan bank menunjukkan IHK hanya akan kembali ke target pada tahun 2025. 

Laporan CPI menunjukkan:

  • Kontributor paling signifikan adalah perumahan, makanan - yang dipimpin oleh makanan untuk dibawa pulang - dan transportasi
  • Harga sewa meningkat 7,4% untuk tahun ini, yang mencerminkan pasar sewa yang ketat di seluruh negeri, kata ABS
  • Rabat Dana Bantuan Tagihan Energi mulai Juli 2023 sebagian besar mengimbangi kenaikan harga listrik, kata biro tersebut. Tidak termasuk potongan harga, harga akan naik 14,5% dalam 12 bulan hingga Mei 2024

(bbn)

No more pages