Logo Bloomberg Technoz

BYD Saingi Mobil Jepang, Pakar Sebut Bagai Milenial Vs Boomers

Pramesti Regita Cindy
26 June 2024 08:50

Mobil BYD di sebuah ruang pamer./Bloomberg-Akos Stiller
Mobil BYD di sebuah ruang pamer./Bloomberg-Akos Stiller

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kehadiran raksasa kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) China, Build Your Dreams (BYD), dinilai akan memberikan tekanan signifikan bagi mobil-mobil produsen Jepang yang selama ini mendominasi pangsa pasar otomotif di Indonesia. 

Pakar otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu berpandangan mobil listrik BYD masuk ke pangsa pasar nasional dengan desain modern, fitur canggih, dan harga terjangkau.

"Pasar otomotif akan menjadi lebih kompetitif, terutama dengan adanya pergeseran pasar dari generasi baby boomers ke generasi milenial yang memiliki karakteristik berbeda," kata Yannes kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (26/6/2024).

Lebih lanjut, Yannes menjelaskan dalam urusan minat mobil, generasi boomers (periode kelahiran 1946—1964) cenderung memilih mobil berdasarkan reputasi, kualitas, dan kenyamanan.

Sementara itu, generasi milenial (periode kelahiran 1981—1996)  dinilai lebih tertarik pada teknologi, desain, dan berbagai nilai tambah atau added values. 

Mobil BYD.