Logo Bloomberg Technoz

Para pembuat kebijakan mengatakan bahwa mereka perlu melihat lebih banyak data untuk meyakinkan bahwa inflasi berada di jalur yang berkelanjutan menuju target 2%.

Indeks harga dasar pilihan The Fed diperkirakan akan naik hanya 0,1% di Mei dari bulan sebelumnya--menandai kenaikan paling lambat tahun ini--dalam data yang akan dirilis Jumat.

Cook memperkirakan tingkat inflasi tiga dan enam bulan akan terus bergerak lebih rendah pada "jalur bergelombang," dengan data bulanan yang mirip dengan pembacaan "menguntungkan" yang terlihat pada paruh kedua tahun 2023 untuk sisa tahun ini. Inflasi tahunan, bagaimanapun, akan bergerak secara kasar ke samping, katanya.

"Di luar itu, saya melihat inflasi melambat lebih tajam tahun depan, dengan inflasi jasa perumahan menurun untuk mencerminkan perlambatan masa lalu dalam sewa baru, inflasi barang inti tetap sedikit negatif, dan inflasi dalam jasa inti tidak termasuk perumahan yang menurun dari waktu ke waktu," kata Cook.

Tekanan ke Bawah

Gubernur The Fed mengatakan bahwa kebijakan moneter bersifat restriktif karena suku bunga yang tinggi memberikan tekanan ke bawah pada permintaan agregat.

Sementara ekonomi tetap tangguh dan pasar tenaga kerja kuat, suku bunga KPR yang tinggi telah memperlambat penjualan rumah dan konstruksi, dan tunggakan meningkat karena kenaikan harga dan biaya pinjaman membebani beberapa orang Amerika.

Cook mengatakan bahwa kenaikan tingkat kredit macet "belum mengkhawatirkan bagi perekonomian secara keseluruhan, namun perlu diwaspadai."

Pasar tenaga kerja berada di tempat sebelum pandemi, tambahnya, menyebutnya "ketat tetapi tidak terlalu panas." Dia mengatakan data menunjukkan bahwa kenaikan gaji pekerjaan dilebih-lebihkan tahun lalu dan mungkin akan terus berlanjut tahun ini.

Berbicara dalam sesi tanya jawab setelah pidato, Cook mengatakan bahwa ia dan para pembuat kebijakan lainnya "memperhatikan" risiko bahwa pasar tenaga kerja dapat "berubah dengan sangat cepat", dan para pejabat siap untuk meresponnya.

Ia menolak ketika ditanya mengenai potensi penurunan suku bunga tahun ini, dan mengatakan bahwa para pembuat kebijakan bergantung pada data.

Berbicara pada Selasa sebelumnya, Gubernur Michelle Bowman mengatakan bahwa ia melihat sejumlah risiko kenaikan pada prospek inflasi, dan menegaskan kembali perlunya untuk mempertahankan biaya pinjaman tetap tinggi untuk beberapa waktu.

"Kami masih belum berada pada titik yang tepat untuk menurunkan suku bunga kebijakan," kata Bowman pada Selasa di London. "Mengingat risiko dan ketidakpastian mengenai prospek ekonomi, saya akan tetap berhati-hati dalam pendekatan saya untuk mempertimbangkan perubahan-perubahan di masa depan dalam sikap kebijakan."

(bbn)

No more pages