Logo Bloomberg Technoz

Langkah yang diambil untuk memperkuat keamanan siber antara lain menyusun Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Kemenhub dan enyusun kebijakan satu data transportasi agar terwujud tata kelola data dan informasi di sektor transportasi. 

Selain itu, Kemenhub bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengidentifikasi infrastruktur informasi vital untuk lebih lanjut ditingkatkan agar memenuhi standar perlindungan keamanan sistem, dan segera memiliki Disaster Recovery Plan (DRP) dan Disaster Recovery Center (DRC).

Berdasarkan unggahan akun media sosial X @FalconFeeds.io, salah satu user di BreachForums, MoonzHaxor, diketahui telah mengunggah beberapa berkas milik lembaga negara Indonesia ini, termasuk Kemenhub, yang berisi contoh file dan kumpulan data siap untuk dijual. 

“Kementerian Perhubungan diduga mengalami kebocoran data. Data yang bocor tersebut meliputi 30 ribu informasi karyawan seperti ID, nama, jenis kelamin, tanggal lahir [birth of date/BOD], lokasi, email, foto, dll,” tulis akun tersebut.

(dov/ain)

No more pages