Logo Bloomberg Technoz

“Keyakinan konsumen menurun di bulan Juni tetapi tetap berada dalam kisaran sempit yang sama selama dua tahun terakhir, karena kekuatan dalam outlook pasar tenaga kerja saat ini terus melebihi kekhawatiran tentang masa depan,” kata Dana Peterson, kepala ekonom di The Conference Board, dalam sebuah pernyataan. “Namun, jika kelemahan material di pasar tenaga kerja muncul, keyakinan konsumen bisa melemah seiring berjalannya tahun.”

Kekhawatiran tentang harga berkurang bulan ini, meskipun konsumen masih mencatat kenaikan harga bahan makanan. Data inflasi untuk bulan Mei menunjukkan penurunan besar dalam kenaikan harga bagi konsumen AS.

Konsumen juga mengurangi rencana pembelian kendaraan bermotor dan peralatan besar, yang sering dibiayai. Namun, lebih banyak responden yang menyatakan mereka berniat untuk berlibur di paruh kedua tahun ini, yang mencerminkan peningkatan rencana perjalanan domestik.

Pandangan konsumen tentang pasar tenaga kerja saat ini sedikit meningkat. Sekitar 38,1% konsumen mengatakan pekerjaan “banyak tersedia,” naik dari 37% pada bulan Mei, sementara lebih sedikit yang mengatakan pekerjaan “sulit didapatkan.” Perbedaan antara keduanya – metrik yang diikuti oleh para ekonom untuk mengukur kekuatan pasar tenaga kerja – meningkat untuk pertama kalinya sejak awal tahun.

(bbn)

No more pages