Logo Bloomberg Technoz

Kunjungan Modi ke Moskow akan menjadi kunjungan resmi singkat, kata seorang pejabat senior India, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi bersifat pribadi. 

Ini akan menjadi perjalanan pertamanya ke ibu kota Rusia sejak 2015. Modi mengunjungi Vladivostok pada 2019 dan terakhir kali bertemu dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin dua tahun lalu di sela-sela pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan.

Kementerian Luar Negeri India menolak memberikan komentar ketika dihubungi untuk informasi lebih lanjut.

India dan Rusia memiliki hubungan ekonomi dan politik yang mendalam, yang tetap kuat meskipun ada sanksi terhadap Moskow dari AS dan pemerintah Barat lainnya setelah invasi Ukraina pada 2022. 

India, konsumen minyak mentah terbesar ketiga di dunia, adalah pembeli utama minyak Rusia yang didiskon. Moskow tetap menjadi pemasok perangkat keras militer terbesar India, menyumbang 36% dari impor senjata India, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Kedua negara juga merupakan anggota kelompok negara BRICS, dengan Rusia memegang kursi bergilir blok tersebut tahun ini.

New Delhi menghindari mengkritik Rusia atas invasinya ke negara tetangganya, dan telah mendukung diplomasi untuk menyelesaikan konflik tersebut. Modi melewatkan pertemuan puncak tahunan dengan Putin pada Desember 2022 setelah pemimpin Rusia tersebut mengancam akan menggunakan senjata nuklir dalam perangnya melawan Ukraina.

Hampir setahun kemudian, Putin gagal menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Kelompok 20 di New Delhi, yang membantu Modi mencapai pernyataan konsensus tentang invasi di antara anggota lainnya, termasuk AS, yang menginginkan kritik keras terhadap Rusia.

(bbn)

No more pages