Logo Bloomberg Technoz

Terlalu Banyak Program, DPR Desak Pemerintah Fokus Hal Prioritas

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 June 2024 18:00

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendesak pemerintah untuk mempertajam prioritas program kerja nasional dan berfokus pada persoalan mendasar yang dihadapi negara. 

"Mari RKP (rencana kerja pemerintah) ini betul-betul fokus pada apa sih sesungguhnya yang jadi problem pokok dasar kita. Saya kira itu bisa kita urai untuk kemudian ditentukan fokus prioritas," ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah dalam Rapat Panja RKP dan Prioritas Anggaran 2025, Senin (24/6/2024).

Said mengatakan jika pemerintah tidak berfokus menajamkan rencana kerja prioritas, maka program turunannya bisa jadi gagal dan berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi ke depan. 

"Kalau tidak fokus, maka kemudian betapa banyaknya turunan dari prioritas nasional yang kononnya kita gagal pada setiap laporan semester akhir. Akhirnya banyak di akhir tahun yang tidak tercapai," papar Said.

Ke depan, Said berharap penajaman rencana atas delapan prioritas nasional dibahas di dalam tim perumus. Hal ini dilakukan sembari menyantumkan masukan dari para anggota dan pimpinan DPR.