Logo Bloomberg Technoz

Daftar Data RI yang Diduga Dibocorkan Grup Peretasan

Redaksi
26 June 2024 07:10

Ilustrasi peretasan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi peretasan. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Data publik yang disimpan dan dikelola lembaga pemerintah Indonesia kerap menjadi sasaran aksi peretasan grup ransomware. Pada Senin (24/6/2024) kemarin Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengonfirmasi terjadi serangan berbentuk Braincipher Ransomware, hasil pengembangan terbaru dari Ransomware LockBit 3.0 di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Ternyata dalam waktu relatif berdekatan beberapa data diduga telah dibocorkan oleh grup hacker, seperti dipublikasikan akun media sosial X @FalconFeeds.io. Aku ini kerap memposting daftar peretasan dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Data DPR

Tangkapan layar BreachForums.

Akun xsvshacker mempublikasikan sampel data hasil peretasan dari situs DPR.go.id melalui BreachForums pada Rabu (19/6/2024) dan diperbaharui Kamis (20/6/2024), hari dimana PDNS dilaporkan pertama kali mengalami gangguan.

Dalam postingan di forum tersebut, xsvshacker menampilkan sampel data identitas anggota dewan, tempat tanggal lahir, jabatan, alamat hingga nomor kontak. Namun  FalconFeeds menyebut xsvshacker punya reputasi yang buruk sehingga diragukan keaslian atas data hasil peretasan tersebut.

xsvshacker tidak memberi informasi apakah data DPR yang dia posting dijual ataukan tidak. Namun terdapat tombol “unduh” yang disediakan oleh akun yang baru aktif bulan Januari lalu.