Logo Bloomberg Technoz

Pusat Data Nasional Kominfo Diretas, Data NIK KTP Terdampak?

Dovana Hasiana
25 June 2024 16:50

Ilustrasi pusat data
Ilustrasi pusat data

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan data kependudukan, termasuk NIK KTP miliknya belum tersambung ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), yang terkonfirmasi mengalami serangan ransomware Braincipher-hasil pengembgan dari LockBit 3.0.

Data kependudukan Indonesia masih dikelola di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan tersimpan di pusat data Kemendagri, terang Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Teguh Setyabudi.

“Dengan penjelasan tersebut, maka akses pemanfaatan data kependudukan tetap berjalan dengan normal dan semoga tidak terjadi gangguan,” ujar Teguh kepada Bloomberg Technoz, Selasa (25/6/2024). 

Dengan adanya serangan dari grup ransomware ini menjadi bahan pembelajaran dari Disdukcapil agar lebih berhati-hati dalam pengelolaa data. Ia juga memastikan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dalam menjaga keamanan data. 

Menanggapi adanya serangan siber pada PDNS Kominfo, Teguh mengatakan, Kemendagri turut prihatin dengan kejadian tersebut.