Logo Bloomberg Technoz

DPR Bantah Data yang Diperjualbelikan di Dark Web Milik Mereka

Mis Fransiska Dewi
25 June 2024 15:35

Ilustrasi pusat data
Ilustrasi pusat data

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aksi peretasan diduga juga menimpa situs DPR RI. Akun xsvshacker mempublikasikan sampel data hasil peretasan dari situs DPR.go.id melalui BreachForums pada Kamis (20/6/2024), hari dimana Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) dilaporkan pertama kali mengalami gangguan. Meski demikian, pihak DPR membantahnya.

"Saya sudah cek, sejauh ini data yg dimaksud bukan data DPR . Itu sudah saya bisa pastikan," kata Sekretaris Jenderal Indra Iskandar saat dikonfirmasi, Selasa (25/6/2024).

Dalam postingan di forum tersebut, xsvshacker menampilkan sampel data identitas anggota dewan, tempat tanggal lahir, jabatan, alamat hingga nomor kontak.

Namun  akun media sosial X @FalconFeeds yang kerap memposting daftar peretasan dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, menyebut xsvshacker punya reputasi yang buruk sehingga diragukan keaslian atas data hasil peretasan tersebut.

xsvshacker tidak memberi informasi apakah data DPR yang dia posting dijual ataukan tidak. Namun terdapat tombol “unduh” yang disediakan oleh akun yang baru aktif bulan Januari lalu.