Logo Bloomberg Technoz

Anggaran Makan Gratis Prabowo Rp71 T, Deretan Saham Ini Menghijau

Muhammad Julian Fadli
25 June 2024 14:15

Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Program makan gratis yang digagas oleh Prabowo Subianto dinilai akan menguntungkan sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tercermin dari gerak sejumlah saham potensial yang menghijau usai Pemerintah sepakat anggaran untuk makan gratis mencapai Rp71 triliun dalam RAPBN 2025. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 di Jakarta, Senin kemarin.

"Pada prinsipnya beliau telah memahami dan menyetujui hal yang kemarin dibahas dalam rapat, termasuk terkait hubungan program unggulan, salah satunya program Bergizi Gratis, yang sudah dialokasikan dalam anggaran RAPBN 2025 sekitar Rp71 triliun," terang Airlangga.

Melansir program unggulan tersebut, beberapa kemungkinan sektor bakal diuntungkan, utamanya yang terkait dengan makanan dan minuman, seperti produsen beras, agribisnis, serta produsen makanan olahan.  

Saham-saham yang Diuntungkan Menghijau

Program tersebut diproyeksikan akan menguntungkan sejumlah sektor dan berpotensi mendongkrak kinerja dari masing-masing Perusahaan potensial, terutama yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia, yang akan diikuti dengan kenaikan harga sahamnya.