Logo Bloomberg Technoz

Wamenkes: 17 Kabupaten di RI Bebas Malaria

Dinda Decembria
25 June 2024 13:10

Ilustrasi nyamuk. (Envato/tevalux11)
Ilustrasi nyamuk. (Envato/tevalux11)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Hartono menyerahkan sertifikat eliminasi malaria terhadap 17 kabupaten di Indonesia. 

Dalam informasi yang diungkap Kementerian Kesehatan 17 kabupaten yang dimaksud yaitu adalah Kabupaten Nias, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kota Bandar Lampung, dan Kabupaten Linggar. 

Lalu, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Belu, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kayoung Utara, Kabupaten Melawi, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso, Kabupaten Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Tebo.

"Saya ucapkan selamat kepada 17 kabupaten/kota yang telah berhasil mengeliminasi Malaria di wilayahnya masing-masing dan dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota lain untuk melakukan hal yang sama," kata Wamenkes Dante dalam keterangan rilis Kemenkes RI.

Wamenkes Dante menjelaskan, pemberian sertifikat eliminasi Malaria ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi dari pemerintah pusat atas kerja keras daerah dalam menanggulangi penyakit Malaria di wilayahnya.