Logo Bloomberg Technoz

PDN Kominfo Diretas, DPR Dorong Perombakan BSSN

Mis Fransiska Dewi
25 June 2024 12:50

Ilustrasi pusat data
Ilustrasi pusat data

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin mendorong perombakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) imbas serangan ransomware terhadap pusat data nasional (PDN).

TB Hasanuddin mempertanyakan peran BSSN sebagai pengawal utama gerbang siber di lingkungan pemerintah sesuai amanat Perpres 28 Tahun 2021, hal apa yang sudah dilakukan BSSN selama ini untuk mengamankan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi pemerintah.

“Mengapa serangan ini bisa terjadi pada obyek yang sangat vital tersebut? BSSN sebagai pengawal keamanan PDN dan Kemenkominfo sebagai pengelola PDN harus bertanggung jawab atas kelalaian ini. Ini potensi kebocoran data warga negara seluruh Indonesia, tidak bisa dianggap enteng,” kata TB Hasanuddin dalam keterangannya, Selasa (25/6/2024).

Oleh karena itu, politisi PDIP itu mendorong reformasi di tubuh BSSN. Jika menilik sejarahnya, BSSN merupakan transformasi dari Lemsaneg yang personelnya didominasi oleh tentara dan polisi karena fokusnya pada persandian (intelijen).

Namun, saat ini tuntutan untuk BSSN lebih besar pada keamanan siber, karena itu BSSN harus diisi oleh para pakar IT, professional IT, dan talenta-talenta muda Indonesia yang cerdas di sektor keamanan siber.