Logo Bloomberg Technoz

Menambah kekhawatiran akan meningkatnya tekanan jual, wali amanat rehabilitasi Mt. Gox--bursa kripto Jepang yang diretas lebih dari satu dekade yang lalu--mengumumkan bahwa mereka akan memulai pembayaran Bitcoin dan Bitcoin Cash pada Juli.

"Dengan pengumuman Mt Gox, tampaknya ada pelaku pasar yang memosisikan diri mereka pendek," Stefan von Haenisch, kepala perdagangan di OSL SG Pte. "Pasar kripto berjuang untuk mendapatkan tawaran saat ini."

Kripto (Dok: Bloomberg)

Bitcoin merosot sebanyak 8,1% menjadi US$58.528 pada Senin, penurunan intraday terbesar sejak 13 April. Token terkemuka berdasarkan nilai pasar ini telah dihantam oleh arus keluar selama dua minggu dari produk yang diperdagangkan di bursa yang memegang mata uang kripto.

Lebih dari US$210 juta taruhan bullish dalam kripto dilikuidasi dalam 12 jam terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh pelacak, Coinglass. Indeks dari 100 aset digital terbesar turun sekitar 5% dalam tujuh hari hingga Minggu. Ini merupakan anjlok paling tajam sejak April berdasarkan data, dilansir dari Bloomberg News.

Pasca komentar hawkish dari bank sentral AS pada pekan lalu memang telah melemahkan koin digital, dengan para pejabat menegaskan hanya akan memangkas suku bunga satu kali saja di 2024. Terdapat perubahan 'arah angin' dari sebelunnya ditargetkan tiga kali pemangkasan. Bank sentral AS itu juga masih mempertahankan suku bunga stabil di 5,25%-5,50% di pertemuan bulan Juni, Rabu (12/6/2024).

Masih dari periode pekan lalu, ETF Bitcoin spot di AS tercatat mengalami arus keluar sebesar US$580 juta (periode perdagangan 10 - 14 Juni), juga karena efek komentar hawkish dari The Fed.

Sementara  jumlah BTC yang dikirim dari perusahaan penambangan menunjukkan Bitcoin ke bursa telah mencapai angka tertinggi dalam dua bulan terakhir. Hal ini mengindikasikan adanya meningkatnya penjualan BTC. 

- Dengan asistensi Sidhartha Shukla dan Muyao Shen.

(wep)

No more pages