Logo Bloomberg Technoz

Tanda Serangan Ransomware ke PDN yang Dikelola Telkom Sigma

Redaksi
25 June 2024 10:22

Ilustrasi server pusat data. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi server pusat data. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat sebuah pusat data mengalami kendala (downtime) lebih dari 1x24 jam, seperti yang menimpa server sementara Kominfo dan TelkomSigma, maka besar peluang sistem jaringan tersebut telah disusupi ransomware.

Pakar forensik digital Ruby Alamsyah menjelaskan bahwa saat sebuah sistem infrastruktur kritikal secara tiba-tiba offline dan tidak langsung bisa diatasi, maka patut diwaspadai. “Kemungkinan besar itu ransomware,” kata dia saat berbincang di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Identifikasi ransomware telah menyusup pada sebuah sistem

Jika kendala teknis perbaikan atas sistem dapat berlangsung dalam hitungan menit atau jam, namun lebih dari satu hari indikasi mengarah ke kegagalan sistem akibat ransomware.

Sistem tersandera oleh grup peretas sehingga tim teknis tidak mampu memberi informasi atas kendala jaringan. Tim teknis ada di posisi ideal melakukan perbaikan.

Dalam kasus server Pusat Data Nasional (PDN) sementara diketahui mengalami gangguan mulai Kamis (20/6/2024) dini hari dan hingga hari Minggu belum juga teratasi, diketahui dari error-nya sistem layanan publik imigrasi hingga menyebabkan antrean di bandara.