Logo Bloomberg Technoz

Efek BYD, Akankah Popularitas Mobil Listrik Wuling di RI Tumbang?

Pramesti Regita Cindy
25 June 2024 08:40

BYD Seal dipamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
BYD Seal dipamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kehadiran raksasa mobil asal China, Build Your Dreams (BYD), di pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) Indonesia diniliai hanya membuka sedikit kemungkinan adanya pergeseran tren pembelian mobil listrik dari Wuling Motors, yang notabene brand mobil China terlaris di RI saat ini. 

Bagaimanapun, pakar otomotif dan akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai perbedaan segmentasi pasar dan fokus produk yang ditawarkan oleh kedua merek ini membuat persaingan mereka tidak akan sepenuhnya terlihat secara langsung.

"Wuling, dengan [mereknya] Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV, menyasar segmen entry-level hingga menengah, dengan fokus pada konsumen yang mencari mobilitas perkotaan praktis dan harga terjangkau," terang Yannes, Selasa (25/6/2024).

Air EV, misalnya, menjadi merek Wuling yang populer bagi konsumen yang pertama kali ingin menggunakan mobil listrik, tetapi mengutamakan efisiensi dengan desainnya yang kompak dan fitur-fitur dasar. 

Mobil listrik Wuling Air ev saat pameran IIMS 2023 di JIExpo, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Sementara itu, merek mobil mobil Wuling lainnya seperti Binguo EV dan Cloud EV, menawarkan ruang lebih luas dan kenyamanan tambahan untuk konsumen yang membutuhkan.