Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Ingatkan Risiko Pasar Tenaga Kerja

News
25 June 2024 08:20

Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)
Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)

Laura Curtis dan Rya Jetha - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly memberi peringatan bahwa pasar tenaga kerja AS  saat ini telah mendekati titik perubahan di mana perlambatan lebih lanjut bisa  berarti pengangguran yang lebih tinggi.

Daly, salah satu pejabat yang memiliki hak suara pada kebijakan moneter tahun ini, mengatakan pengendalian permintaan mungkin diperlukan untuk mengembalikan inflasi ke target 2% bank sentral. Hal ini dapat menekan pasar tenaga kerja yang meskipun bagus, tapi kini tidak lagi "berkelimpahan".

"Sejauh ini, pasar tenaga kerja telah menyesuaikan diri secara perlahan, dan tingkat pengangguran hanya naik tipis. Namun kita semakin mendekati titik di mana hasil yang jinak itu bisa jadi lebih kecil kemungkinannya," kata Daly pada Senin (24/6/2024) dalam sebuah pidato di Commonwealth Club World Affairs of California di San Francisco.

"Perlambatan pasar tenaga kerja di masa depan bisa berarti pengangguran yang lebih tinggi karena perusahaan-perusahaan perlu melakukan penyesuaian bukan hanya perihal lowongan kerja, tetapi juga pekerjaan yang sebenarnya," katanya. "Pada titik ini, inflasi bukanlah satu-satunya risiko yang kita hadapi."