Logo Bloomberg Technoz

Emas dan dolar AS memang punya hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS lesu, biasanya harga emas malah naik.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS terdepresiasi, emas jadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas akan naik, harga pun mengikuti.

Investor kini menanti petunjuk baru soal arah suku bunga acuan bank sentral Federal Reserve. Pekan ini, akan dirilis data Personal Consumption Expenditure (PCE) yang merupakan indikator inflasi preferensi The Fed.

Selain itu, pekan ini juga akan ada beberapa pejabat The Fed yang memberikan pidato di berbagai acara. Di antaranya adalah Gubernur The Fed San Francisco Mary Daly Anggota Dewan Gubernur Lisa Cook, dan Anggota Dewan Gubernur Michelle ‘Miki’ Bowman.

Mengutip CME FedWatch, peluang penurunan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin (bps) menjadi 5-5,25% pada September mencapai 61,1%. Emas juga akan diuntungkan saat suku bunga turun, karena statusnya sebagai aset tanpa imbal hasil (non-yielding asset).

“Kami meyakini harga emas bisa menyentuh US$ 3.000/troy ons dalam 12-18 bulan mendatang, meski arus modal yang masuk belum menjustifikasi hal tersebut. Untuk mencapainya, dibutuhkan permintaan non-komersial untuk mengangkat harga emas dari level saat ini,” sebut riset BofA.

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas masih berada di zona bearish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 49,49. RSI di bawah 50 menandakan suatu aset sedang berada di posisi bearish.

Namun, perlu diperhatikan bahwa indikator Stochastic RSI sudah menyentuh 57,72. Sudah masuk area beli (long) dan jauh dari zona jenuh beli (overbought).

Harga emas berpeluang naik dengan target resisten terdekat di US$ 2.332/troy ons, Namun selepas itu sepertinya ada fase konsolidasi yang membuat harga bisa turun menuju US$ 2.327/troy ons.

Apabila fase konsolidasi tidak terbentuk, maka harga emas bisa melanjutkan kenaikan ke arah US$ 2.340/troy ons. Sementara fase konsolidasi bisa membawa harga emas turun hingga ke arah US$ 2.321/troy ons.

(aji)

No more pages