Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian, tantangan besar juga harus dihadapi BYD mengingat produsen mobil asal Negeri Panda lainnya sudah lebih dahulu menjadi pemain utama di pasar mobil listrik Tanah Air, yakni Wuling Motors.  

Wuling memiliki posisi kuat dengan produk mobil listrik andalannya yakni Wuling Air EV. Mobil ini diminati karena harganya yang terjangkau dan jaringan dealer serta layanan purna jual yang luas.

Tak hanya itu, menurut Yannes, Wuling juga telah membuktikan kemampuannya dalam menarik minat masyarakat melalui kampanye edukasi konsumen dan desain menarik. Walhasil, Wuling menuai respons positif dalam mengatasi kekhawatiran, dan membangun kepercayaan konsumen terhadap produknya.

"Penawaran unik seperti garansi seumur hidup baterai, desain menarik, dan kampanye edukasi konsumen, telah menarik minat masyarakat dan memperkuat kepemimpinannya di pasar," tuturnya.

Untuk diketahui, penjualan mobil secara kumulatif di tingkat ritel atau dari dealer ke konsumen laku 9.350 unit dalam rentang Januari—Mei 2024 dengan pangsa pasar 2,6%, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei 2024. 

Adapun, diberitakan sebelumnya, BYD mengumumkan ribuan unit kendaraan listriknya telah tiba di Indonesia. Ribuan mobil listrik tersebut siap untuk diserahkan kepada konsumen sesuai dengan nomor antrean pesanan secara bertahap.

BYD juga mengklaim sejumlah pesanan konsumen Indonesia begitu tinggi hingga melampaui proyeksi awal. Hal ini menunjukkan minat yang besar masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik BYD.

"Kami sangat senang dapat mengumumkan bahwa unit-unit mobil listrik BYD telah tiba di Indonesia dan siap untuk diserahterimakan kepada para konsumen kami. Sebagai langkah awal dalam mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan teknologi elektrifikasi BYD," ujar Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan dalam keterangan tertulisnya.

Dalam proses distribusi dan logistik, disebutkan bahwa ada berbagai kondisi terkait dengan penggunaan jalur komitmen investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia, sehingga BYD melibatkan berbagai pihak dan mitra lokal yang telah bekerja sama untuk memastikan kelancaran pengiriman pesanan pelanggan.

Saat ini, proses persiapan serah terima sedang berlangsung untuk diberikan kepada konsumen dari berbagai dealer resmi BYD.

(prc/wdh)

No more pages