Logo Bloomberg Technoz

BYD Bikin Kompetisi EV di RI Memanas, Ini Sederet Keunggulannya

Pramesti Regita Cindy
25 June 2024 07:20

SUV BYD Co. Yangwang U8 dipamerkan di Geneva International Motor Show di Jenewa, Swiss, Senin (26/2/2024). (Andrey Rudakov/Bloomberg)
SUV BYD Co. Yangwang U8 dipamerkan di Geneva International Motor Show di Jenewa, Swiss, Senin (26/2/2024). (Andrey Rudakov/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu berpendapat kehadiran Build Your Dreams (BYD) —raksasa otomotif China — bisa membawa perubahan arah minat konsumen Indonesia terhadap kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Terlebih, BYD dikenal dengan teknologi baterai unggulannya dan reputasi global yang solid, sehingga mobil ini terprediksi siap berkompetisi di berbagai segmen pasar, termasuk menawarkan produk mulai dari model terjangkau hingga premium.

"Teknologi Blade Battery BYD yang inovatif, diklaim lebih aman, tahan lama, dan efisien, menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang mementingkan performa dan keamanan," kata Yannes kepada Bloomberg Technoz, Selasa (25/6/2024).

Produsen Mobil Listrik BYD asal China. (Dok: Bloomberg)

Dengan strategi pemasaran agresif, serta dukungan Pemerintah RI terhadap industri kendaraan listrik, Yannes mengatakan BYD secara garis besar akan sanggup mengubah peta persaingan di pasar mobil listrik Indonesia, terutama di kelas harga Rp400 juta ke atas.

Tantangan Besar